Skip to content

Pengenalan Tipe dan Jenis Rambu

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Semuanya salam kenal, perkenalkan saya admin, dengan nickname AB_Suardika mulai sekarang bertindak sebagai admin dan kontributor di website ini.

Seperti yang kita tahu ini adalah webresmi Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang. dan dalam kesempatan ini admin akan bertugas dan belajar dalam mensosialisasikan kegiatan dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kab. Enrekang khususnya yang dilakukan melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Enrekang.

dalam menjalankan tugas admin, admin berencana untuk membawakan tema ilmu aturan berlalu-lintas dengan cara yang tidak terlalu baku sehingga bisa di pahami oleh semua kalangan dan lebih menarik. dan admin mohon dikoreksi jika memang dalam penyampaian ada keliru ataupun kurang tepat.dari pada berlama-lama ayo kita mulai : )

pertama kita bedah istilah rambu, “rambu itu apa sih?” apakah tiang2 yang ada dipinggir jalan atau “papan bicara” ataukah “gambar-gambaran di jalan”. jika kita melihat ke aturan dari Mentri Perhubungan “Rambu Lalu Lintas adalah bagian perlengkapan jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi pengguna jalan“. wah jadi apa itu arti gampangnya rambu, kalo admin simplekan “rambu itu ya rambu” atau “rambu itu alat yang punya bentuk lambang/angka/kalimat aturan penggunaan lalulintas di jalan” gmn ? malah makin bingung ya bahasa adminnya.

Nah kan disebutkan dalam Permenhub jika rambu itu punya bentuk berupa lambang, huruf, angka dan kalimat yang berfungsi untuk peringatan, larangan, perintah dan petunjuk. maka cara paling mudah mempelajari rambu adalah dari fungsinya tersebut.

Pertama Rambu Peringatan

rambu peringatan ini punya funsi sebagai pengingat untuk pengendara yang memberi tahukan kondisi jalan yang membutuhkan kewaspadaan lebih. kenapa ada rambu jenis ini? ya karena dijalanan banyak hal yan harus di waspadai karena ada kalanya kondisi jalanan itu berbahaya ataupun membahayakan bagi pengguna jalan.

seperti apa si bentuknya rambu peringatan? Rambu peringatan itu kebanyakan berbentuk belah ketupat dengan warna dasar kuning dan simbol/huruf/angka berwarna hitam. contoh dari rambu ini adalah Awas daerah rawan kecelakaan, permukaan jalan licin, banyak pejalan kaki, jalan bercabang, didepan ada persimpangan, hati-hati banyak anak-anak dan ada juga awas banyak hewan ternak.

Kedua Rambu Larangan

Rambu Larangan ialah rambu yang suka ngelarang-larang, hehehe rambu ini melarang pengguna jalan untuk melakukan sesuatu yang dipesankan dalam pesannya. rambu jenis ini biasanya dipasang dengan pertimbangan melarang melakukan sesuatu untuk kepentingan bersama yang lebih besar, contohnya larangan memasuki jalan tertentu, larangan menggunakan kendaraan tertentu dan larangan melakukan manuver kendaraan tertentu. rambu jenis ini punya dasar warna putih dengan garis tepi merah, dan simbol didalamnya berwarna hitam dengan bentuk lingkaran. contoh dari rambu ini adalah dilarang parkir, dilarang putar arah, dilarang masuk bagi kendaraan roda dua dan juga lain-lain.

Ketiga Rambu Perintah

rambu perintah ini rambu yang sukanya merintah, rambu ini berbentuk lingkaran dan punya dasar warna biru dengan garis tepi putih beserta huruf/angka dan lambanya juga putih. contoh dari rambu ini rambu belok kiri langsung, rambu ikuti arah arus, rambu anjuran kecepatan dan lainnya.

Keempat Rambu Petunjuk

terakhir adalah rambu jenis petunjuk, rambu ini punya wanra dasar hijau dengan tepi putih dan simbol berwarna putih, rambu petunjuk ini juga ada beberapa yg menggunakan dasar cokelat juga berbentuk persegi panjang, biasanya berdiri besar memberikan petunjuk arah/nama jalan atau pun tujuan/pusat keramaian.

demikian dulu berbagi ilmu dari admin, terimakasih udah membaca. bila memang ada punya masukan dan kritik silahkan masukan di komentar, terima kasih semua, Salam Perhubungan

*krn gambar ga bisa di kompress jd nanti admin tambah gambarnya, makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *